Mensos Sebut Para Atlet Disabilitas Intelektual Mampu Ciptakan Masyarakat Inklusi Dunia



 JAKARTA (21 Agustus 2021) - Menteri Sosial Tri Rismaharini diwakili Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat memberikan sambutan pada acara Hari Ulang Tahun Special Olympic Indonesia (SOIna) yang ke-32 tahun. Harry menyampaikan bahwa Kementerian Sosial mendukung para atlet bertalenta khusus mampu berpartisipasi mengharumkan nama bangsa dan menciptakan masyarakat inklusi dunia.

HUT SOina yang ke-32 tahun ini bertema "Membuka Ruang yang Seluas-luasnya bagi Semua Anak-anak Bertalenta Khusus, untuk Menggapai Mimpi-mimpinya Menjadi Bintang". Harry menyampaikan bahwa Mensos Risma mengapresiasi dan memberi penghargaan yang tinggi kepada SOina sebagai organisasi Nasional dan Internasional yang telah diakui oleh International Olympics Committee (IOC) sebagai satu–satunya olimpiade olahraga khusus Penyandang Disabilitas Intelektual di dunia.

Melalui gerakan Special Olympics, SOIna memberikan kesempatan Penyandang Disabilitas Intelektual untuk tampil, berkarya dan menumbuhkan rasa percaya diri, serta berpartisipasi dalam berbagai ajang seni dan olahraga untuk menggapai mimpi-mimpinya menjadi bintang.

Tak sedikit Penyandang Disabilitas Intelektual Indonesia yang mampu mewujudkan mimpi-mimpinya menjadi bintang dan telah mengharumkan nama bangsa dalam berbagai ajang internasional di bidang olahraga dan seni. Atlet-atlet di bawah binaan SOIna terbukti berhasil menjuarai ajang olahraga di berbagai kompetisi.

Tidak hanya itu, dalam sambutan Mensos Risma yang diwakilkan Dirjen Rehsos disampaikan bahwa Kementerian Sosial melalui Balai Besar "Kartini" Temanggung juga telah melahirkan berbagai bintang olahraga binaan SOIna Pusat.

"Keberhasilan tersebut, tentunya tidak lepas dari peran orang tua dan keluarga. Perawatan dan pengasuhan, serta penerimaan yang disertai cinta dan kasih sayang, serta penghormatan terhadap kondisi disabilitas sebagai bentuk keragaman ciptaan Tuhan Yang Maha Esa," ungkap Harry.


Harry juga menyampaikan ungkapan terima kasih Mensos Risma kepada penyelenggara SOIna dan semua pihak yang telah mengabdikan pikiran, tenaga dan waktu untuk memberikan kesempatan yang luas, perlindungan, pemenuhan hak dan peningkatan kesejahteraan anak-anak kita yang memiliki kebutuhan khusus namun bertalenta hebat.

“Mari saling bergandengan tangan untuk mendukung anak-anak bertalenta hebat agar mampu mengharumkan nama bangsa Indonesia di kancah internasional,” tambah Harry.

Tahun 2022, SOIna akan menyelenggarakan Pekan Special Olympics Nasional (PeSONas) pertama. Mensos Risma pun diminta untuk menjadi salah satu pengurus sebagai Dewan Pembina SOIna Pusat yang memiliki tugas membina dan memberdayakan organisasi SOIna di tingkat Nasional, Provinsi  dan Kabupaten/Kota untuk periode 2019-2023.

Ketua Pengurus Pusat SOIna, Warsito Ellwein mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan dari Kementerian Sosial dan pihak-pihak lainnya terhadap anak-anak bertalenta khusus. "Ke depan kita masih punya tugas penting dan besar karena ruang bagi berkiprahnya anak-anak bertalenta khusus harus diperluas dan diperbesar dengan berbagai kegiatan," ungkap Warsito.

Selama 32 tahun berkiprah di Indonesia, SOIna telah berhasil menyelenggarakan 8 kali pekan Special Olympic, 8 kali mengikuti Special Olympic Summer Games, 3 kali mengikuti Special Olympic Winter Games dan 1 kali mengikuti Special Olympic Regional Games. Special Olympic Summer Games di Dubai telah memberikan 11 emas, 6 perak dan 4 perunggu bagi Indonesia.

Pada tahun 2023 mendatang, Special Olympic World Summer Games akan dilaksanakan di Jerman. SOIna berharap dapat mengirimkan atlet-atlet kebanggaan Indonesia agar bisa mengharumkan nama bangsa pada kegiatan tersebut.

Warsito juga menyampaikan bahwa pihaknya akan membuat kegiatan-kegiatan sesuai dengan inspirasi dan mimpi-mimpi dari anak-anak bertalenta khusus ini,  mulai dari kegiatan olahraga, kesenian, rekreasi dan lainnya. Ruang yang aman, nyaman dan membahagiakan anak-anak kelak akan tersedia.

Dalam kesempatan ini, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Efendy juga menyampaikan ucapan selamat hari ulang tahun kepada SOIna melalui tayangan video. 

“KemenkoPMK terus berupaya keras untuk mewujudkan pembangunan manusia yang utuh dalam siklus pembangunan manusia di berbagai aspek termasuk aspek kesejahtearaan yang didalamnya mencakup kesejahteraan para penyandang disabilitas. Mereka tidak boleh ada satupun yang tertinggal," ujar Muhajir.

Ucapan selamat juga datang dari Staf Khusus Presiden bidang Sosial, Angkie Yudistia. “Selamat Ulang tahun yang ke-32 untuk SOIna. Semoga SOIna semakin maju dan jaya. Saya harap SOIna mampu mencetak talenta muda penyandang disabilitas yang dapat bersaing di bidang olahraga dan seni,” ucap Angkie. 

Perayaan HUT SOina secara virtual ini dihadiri oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Kesehatan, Dewan Nasional Indonesia Kesejahteraan Sosial (DNIKS), Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI), Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI), FWD Indonesia, AFC Indonesia, para pembina dan guru-guru SLB serta anak-anak para atlet yang tergabung dalam SOina.

Posting Komentar

0 Komentar